Jakarta, IDN Times – Setiap muslim pasti mau keberkahan, kesuksesan dan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Sayangnya, mereka kadang noël mengetahui, maafkan saya saja jalan-jalan untuk meraih keberkahan, kesuksesan dan kebahagiaan tersebut, bahkan chapter tersebut terkadang noël disadari.

Anda sedang menonton: Amalan sehari hari yang disukai allah

Rasulullah saw pernah menasehati istrinya, Aistyah RA. “Amalan yang most dicintai melalui Allah adalah amalan apa dilakukan secara rutin walaupun menyertainya sedikit.”

Amalan meski sedikit, namun konsisten dilakukan, ini adalah memberikan ganjaran apa besar dan berkembang biak dibandingkan dengan amalan yang banyak namun sekali saja dilakukan.

Berikut adalah amalan agar kita dapat dicintai melalui Allah SWT dan Rasulullah SAW apa sering kita noël sadari.


1. Salat sunah 12 rakaat


*
Hanya beberapa saya adalah seorang Salat Tarawih di masjid Raya Baiturrahman, town Banda Aceh, Aceh, yang sadar secara pribadi menggunakan masker ketika salat (IDN Times/Saifullah)

Mengutip dari booker "Amalan yang paling Dicintai Allah" karya Ust. Abdul Somad, sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan melalui Ummu Habibah RA, Rasulullah witnessed bersabda,

مَنْ صَلَّى اثْنَتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِى يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بُنِىَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِى الْجَنَّةِ

Artinya: “Barangsiapa sehari lebih malam mengerjakan salat 12 rakaat (sunah rawatib), become dibangunkan baginya rumah di surga,” (HR. Muslim)

Adapun 12 rakaat tersebut, yaitu 4 rakaat sebelum Zuhur, 2 rakaat ke Zuhur, 2 rakaat setelah Magrib, 2 rakaat nanti Isya dan 2 rakaat sebelum Subuh.” (HR. Tirmidzi).

Banyak manfaat yang akan kita mendulang jika kita mengerjalan salat sunah sebagai yang dijelaskan batin hadis yang diriwayatkan oleh Abu Huraira, sebgaimana Rasulullah bersabda.

“Sesungguhnya apa pertama kali dihisab overhead seseorang hamba pada aku Kiamat adalah salatnya, jika salatnya baik maka ia become beruntung dan selamat, jika salatnya rusak, maka ia akan rugi dan noël beruntung. Jika di atas amalan fardunya ada apa kurang, maka Rabb’Azza wa Jalla berfirman, ‘Periksalah, apakah hamba-Ku mempunyai ibadah sunah yang bisa menyempurnakan ibadah wajibnya yang kurang?’ Lalu setiap amal menjadi diperlakukan seperti itu.”

Maksud dari hadis di ~ adalah sebagaimana salat sunah dapat dapat menyempurnakan amalan salat fardu yang kurang sempurna, such bacaan tidak baik dan lengkap, hati yang noel khusyuk dan gerakan apa kurang lengkap.

Selain itu fungsi utama dari mandatnya salat sunah adalah tercapai cinta dan kasih bayinya dari Allah SWT.

Baca Juga: Doa Nabi Ibrahim Memohon Keberkahan Amal Ibadah, Rumah dan Keturunan


*

Dikutip dari booker Manusia apa Dicintai dan Dibenci Allah karya Adnan Tharsyah. Allah SWT dan Rasulullah telah memerintahkan agar berbuat baik kepada tetangga. Allah SWT berfirman batin QS. An-Nisa ayat 36

وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ

Artinya: “Dan sembahlah Allah dan jangan lakukan itu kamu mempersekutukan-Nya mencapai sesuatu what pun. Dan berbuat baiklah kepada dua setiap orang ibu-bapak, keluarga, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh.” (QS. An-Nisa: 36).

Allah SWT san Rasulullah SAW ini adalah mencintai kita, jika kita senantiasa berbuat baik kepada tetangga. Adapun tetangga tersebut mencakup Muslim dan non-Muslim, people setempat dan rakyat asing, serta rakyat dekat dan setiap orang jauh.

Sebagai mana ada perintah berbuat baik kepada tetangga, maka ada larangan also untuk menyakitinya.


Lanjutkan membaca item di bawah

Editor’s picks


Syaikh Abu Muhammad ibn Abi Hamzah berkata, “Menjaga tetangga termasuk batin kesempurnaan iman.” Rasulullah saw pun akan meniadakan keimanan seseorang yang noel memberikan keamanan terhadap musibah apa menimpa tetangganya.


Ilustrasi belajar di rumah (IDN Times/Rochmanudin)

Dikutip dari secara baik 354 Sunnah Nabi Sehari-hari karya Ragrib As-Sirjani. Adjuvan ilmu merupakan deviasi satu sunnah Rasulullah SAW apa sangat menakjubkan, untuk di dalamnya terdapat diversitas bagi umat baik di dunia maupun di akhirat.

Sebagaimana firman Allah batin surah QS. Al-Baqarah ayat 280.

وَاِنْ كَانَ ذُوْ عُسْرَةٍ فَنَظِرَةٌ اِلٰى مَيْسَرَةٍ ۗ وَاَنْ تَصَدَّقُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya: “Barang siapa apa berjalan buat mencari ilmu maka Allah ini adalah memudahkan jalannya menuju surga dan sesungguahnya malaikat meletakkan saya-sayap lukis itu dengan apa dia perbuat.” (QS. Al-Baqarah: 280)

Sunah tersebut dapat diamalkan dengan cara menghadiri pelajaran-pelajaran di masjid. Namun, tidak just itu belajar disekolah, kampus, juga belajar di internet also termasuk apa dimaksud di atas ayat tersebut.

Janganlah terlupakan berusaha buat tidak melewati harimu melainkan mendapatkan ilmu walaupun sedikit.


*
ilustrasi wudhu (pixabay.com/İbrahim Mücahit Yıldız)

Rasulullah experienced sebagaimana demisioner kepada kita akan pentingnya berhemat batin menggunakan air.

Dalam hadis apa diriwayatkan melalui Abdullah bin Amr, Rasulullah SAW di atas suatu hari melewati Sa’ad apa sedang berwudhu, lalu beliau berkata, “Alangkah borosnya!” lalu Sa’ad berkata, “Apakah dalam wudu also dikatakan boros?” Beliau bersabda, “Ya, walaupun engkau berasa di sungai apa mengalir.”

Ukuran air wudu Rasulullah experienced jika diukur menjangkau liter sama mencapai setengah liter air, sedangkan ukuran bath Rasulullah experienced sama mencapai 3 liter air. Menghemat menggunakan air merupakan sunah yang mengandung banyak manfaat, selain menjadi dicintai Allah SWT dan Rasulullah SAW, kita also dapat memberikan manfaatnya dan maslahat bagi umat ​​manusia serta makhluk hidup di bumi.


*
IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Sedikit di dalam berbicara merupkan akhlak yang dicintai Allah SWT dan Rasulullah SAW. Rasulullah SAW noël akan berbicara melainkan chapter itu benar.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdillah, sebagaimana Rasulullah bersabda.

عن جابر بن عبدالله -رضي الله عنهما- مرفوعاً: «إن من أحبكم إلي وأقربكم مني مجلساً يوم القيامة أحاسنكم أخلاقاً، وإن أبغضكم إلي وأبعدكم مني يوم القيامة الثرثارون والمتشدقون والمتفيهقون» قالوا: يا رسول الله قد علمنا «الثرثارون والمتشدقون»، فما المتفيهقون؟ قال: «المتكبرون»

“Sesungguhanya rakyat yang paling aku cintai dan paling dekat kepadaku tempatnya di days Kiamat kelak adalah orang yang paling baik akhlaknya. Dan, rakyat sungguh yang paling aku benci dan jauhnya tempatnya dariku di hari Kiamat kelak adalah al-tsatsaruun dan al-mutasyaddiquun serta al-mutafaihiquun.” (HR. Tirmidzi).

Adapun yang dimaksud mencapai al-mutafaihiqun adalah orang-orang yang sombong.

Lihat lainnya: Cara Menggunakan Mesin Atm Mandiri Atm, Faq Mandiri Atm

Tidak diragukan lagi bahwa orang yang banyak bicaranya maka ia akan memukul ke batin kesalahan, sebagaimana di dalam hadis apa diriwayatkan melalui Umar bin Khatab yang artinya “Barang siapa yang banyak bicaranya maka akan banyak tergelincirnya”.