Analisis geologi kejadian gempa bumi di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, kemudian berikut:

I. Insula gempa bumi

Gempa bumi terjadi pada aku Sabtu, 17 April 2021, pukul 08:04 WIB. Berdasarkan insula dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan geofisika (BMKG), lokasi tengah gempa bumi terletak diatas koordinat 5,05°LU dan 95,31°BT dengan magnitudo (M5,5) pada kedalaman 93 km, berjarak kyung 39 km west daya town Jantho (Ibukota Kabupaten Aceh Besar). Berdasarkan informasi GeoForschungsZentrum (GFZ), Jerman, lokasi pusat gempa bumi berada diatas koordinat 95,51° BT dan 5,01° LU, mencapai magnitudo (M4,7) di atas kedalaman 112 km. Berdasarkan data The United claims Geological survey (USGS), Amerika Serikat, markas besar gempa bumi berada di ~ koordinat 95,451° BT dan 5,116° LU, menjangkau magnitudo (M 5,0) di ~ kedalaman 100,7 km.

Anda sedang menonton: Artikel gempa bumi di aceh

II. Terms geologi daerah terlanda tengah gempa bumi

Lokasi pusat gempa bumi tersoroh dekat dengan daerah Kabupaten Aceh Besar. Morfologinya berupa dataran pantai, lembah dan perbukitan. Menyiksa ini di atas umumnya tersusun malalui batuan berumur Pra Tersier (batuan metamorf, batugamping), berumur Tersier (batuan sedimen) dan endapan perempat (terdiri dari baki pantai, baki sungai, endapan rawa). Sebagian batuan berumur Pra Tersier dan Tersier tersebut telah mengalami pelapukan. Batuan berumur Pra Tersier dan Tersier tersebut yang telah mengalami pelapukan, serta baki Kuarter diatas umumnya bersifat urai, lepas, lunak, belum kompak (unconsolidated) dan memperkuat memengaruhi guncangan, sehingga rawan guncangan gempa bumi. Morfologi perbukitan yang tersusun melalui batuan berumur Pra Tersier dan Tersier yang telah mengalami pelapukan akan rentan terjadi gerakan tanah dipicu malalui guncangan gempa bumi tahan lama dan/ ataukah curah hujan tinggi.

III. Menyebabkan gempa bumi

Berdasarkan lokasi dan kedalaman sentral gempa bumi, maka kejadian gempa bumi ini diperkirakan acibe aktivitas penunjaman antara lempeng benua Eurasia dan lempeng samudera Indo-Australia. Mekanisme pada umumnya berupa sesar naik. Tumbukan antar lempeng tersebut membentang di sebelah west Sumatera, selatan Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan membelok di pulau-pulau Maluku.

IV. Tabrakan gempa bumi

Hingga laporan ini dibuat belum ada insula korban jiwa dan menyakiti bangunan asibe kejadian gempa bumi ini. Menurut data BMKG guncangan gempa bumi diperkirakan dirasakan di quận Kabupaten Aceh terlalu tinggi pada skala intensitas III MMI (Modified Mercally Intensity), di quận Calang dan Nagan diatas skala III MMI. Kejadian gempa bumi ini noël berpotensi menimbulkan tsunami meskipun lokasi markas besar gempa bumi terletak di laut, untuk energinya noël cukup kuat buat mengakibatkan terjadinya deformasi radikal laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Lihat lainnya: Lagu Surga Yang Tak Dirindukan 3, Lirik Lagu Mampukah Aku

V. Rekomendasi :

Masyarakat diimbau buat tetap pasangan dan diikuti arahan serta insula dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang noël bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.Masyarakat agar dengan tegas waspada mencapai kejadian gempa bumi susulan yang kekuatannya semakin mengecil.

*