Uji Autokorelasi mencapai SPSS

Uji Autokorelasi menjangkau SPSS adalah menggunakan cara uji Durbin Watson. Dimana pada artikel sebelumnya telah kita bahas, bahwa ada berbagai metode pengujian untuk mendeteksi adanya masalah atau perhitungan autokorelasi, antara lain: Breusch Godfrey, Durbin Watson dan Durbin Watson H. Dalam kesempatan ini, kita menjadi fokus karena membahas tutorial uji autokorelasi dengan SPSS menggunakan cara Durbin Watson Test.

Anda sedang menonton: Cara melakukan uji autokorelasi dengan spss

Pada jadwal acara sebelumnya kita telah membahas pengertian dan penjabaran uji autokorelasi. Silahkan baca artikel kami tersebut di: Pengertian dan penjelasan Uji Autokorelasi Durbin Watson.


*

Sebelum memulai indict uji autokorelasi dengan SPSS cara durbin watson, sebaiknya dari mereka membuat terlebih sebelum satu set data untuk pengujian regresi linear. Anda harus untuk membuat 1 variabel terikat dan pemfitnahan variabel bebas mencapai masing-masing berskala data interval atau rasio. Batin tutorial ini, games-online4.com coba memberikan cntoh uji autokorelasi mencapai SPSS benefit tiga (3) variabel bebas dan satu variabel terikat. Sehingga persamaan regresi apa akan dibentuk adalah seperti berikut:

Y = ∝ + ß1 X1 + ß1 X2 + ß1 X3 + e.


Tutorial Uji Autokorelasi mencapai SPSS

Identifikasi Variabel

Baiklah kita mulai tutorial tentang analisis autokorelasi durbin watson. Silahkan membukanya aplikasi SPSS milik mereka dan isi 3 variabel bebas dan 1 variabel terikat anda ke dalam dataset SPSS. Contohnya adalah kemudian berikut:

*
Dataset Uji Autokorelasi mencapai SPSS

Silahkan berry nama what saja untuk menandakan mana variabel terikat dan mana variabel bebas. Dalam tutorial ini, kalian memberi nama variabel bebas: X1, X2 dan X3, sedangkan variabel terikat dengan nama: Y. Disini kalian menggunakan contoh pengujian dengan jumlah sampel ataukah observasi sebanyak 128 sampel.

Analisis Durbin Watson menjangkau SPSS

Setelah data their isikan dan variabel telah dibei namu serta label, silahkan diatas menu SPSS, klik Analyze, Regression, straight Regression. Maka become terbuka jendela sebagai berikut ini:


*
Uji Autokorelasi mencapai SPSS

Kemudian their masukkan variabel terikat ke kolom dependent change dan variabel bebas ke kolom elevation variables. Kemudian masukkan nomor ke kotak choice variable. Selanjutnya klik tombol Statistics, sehingga akan muncul jendela atau window seperti berikut:


*

*
Durbin Watson batin Uji Autokorelasi mencapai SPSS

Silahkan anda centang semua terutama Durbin Watson Statistics agar output SPSS their nantinya muncul pengeluaran Durbin Watson Hitung. Jika siap dicentang press tombol Continue. Sedangkan untuk tombol-tombol apa lain, silahkan anda tentukan untuk digunakan ataukah tidak. Namun untuk uji regresi linear apa ideal, maka segenap tombol tersebut wajib dari mereka gunakan. Karena memahaminya, silahkan pelajari jadwal acara kami tentang: Regresi Linear dengan SPSS.

Selanjutnya pada jendela utama, anda tekan tombol OK. Dan selanjutnya silahkan using Output gawangnya pengujian SPSS. Tampilannya adalah such berikut, dengan demikian tepatnya adalah diatas Tabel Summary.

*
Output Uji Autokorelasi mencapai SPSS

Perhatikan di atas, cost Durbin Watson diatas tabel summary tersebut adalah biaya Durbin Watson hitung apa nantinya akan anda bandingkan dengan nilai Durbin Watson (DW) Tabel, baik nilai DU (Durbin Upper) maupun pengeluaran DL (Durbin Lower).

Cara Baca pengeluaran DW menjangkau SPSS

Dalam kesempatan ini kami tambahan akan demisioner cara melafalkan autokorelasi negatif dan positif. Cara menentukan atau kriteria pengujian autokorelasi berdasarkan pengeluaran DW adalah such berikut:

Deteksi Autokorelasi Positif:

Jika dw dU maka tidak terdapat autokorelasi positif,

Jika dL penyidikan Autokorelasi Negatif:

Jika (4 – dw) dU maka noël terdapat autokorelasi negatif,


*

Nilai DL pada K =4 dan t = 128 berdasarkan tabel Durbin Watson adalah sebesar: 1,66379 sedangkan cost DU sebesar 1,75960. Karena mengetahui pengeluaran DU dan DL secara lengkap, silahkan their baca artikel kami yang berjudul: Tabel Durbin Watson dan Cara Membaca.

Lihat lainnya: Jadi Ost Samudra Cinta, Ini Lirik Lagu Terbaru Al Ghazali Dan Chelsea Shania

Contoh noël Ada Autokorelasi aktif dan Negatif

Berdasarkan kriteria pengujian di atas, di mana jika seandainya biaya DW sebesar 1,98? maka DW 1,98 > DU 1,75960 sehingga tidak ada mengganggu autokorelasi.

Contoh Autokorelasi Negatif

Seandainya cost DW 2,9, maka nilai (4-DW) adalah (4-2,9) = 1,1. Untuk nilai (4-DW) 1,1