Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, pasti kamu pernah mendapatkan hal yang mengusik trấn dan pikiran. Sayangnya, batin Islam, hal tersebut dapat memengaruhi kadar keimanan seseorang.

Anda sedang menonton: Cara menghilangkan pikiran negatif dalam islam

Untuk itu, coba lakukan mayoritas hal dibawah ini buat membersihkan trần dan mengingat berdasarkan ajaran religius Islam.


*
unsplash/MhRezaa

Allah SWT berfirman:

“Orang-orang apa beriman dan trấn mereka dulu tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan pulih Allah lah trấn menjadi tenteram”. (Qs Ar-Ra’du 28)

Nah, deviasi satu cara untuk selalu pulih Allah dalam trấn kita adalah menjangkau berzikir. Jadi, jangan terlupakan berzikir ketika trần atau pikiranmu sedang terusik dengan hal negatif!


*
Unsplash/Rachid Oucharia

Membaca Al-Qur"an also merupakan penyimpangan satu hal yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan trần dan pikiran. Bab ini sebagaimana tercantum dalam Qur"an surat Az-Zumar ayat 23:

“Allah telah menurunkan catatan yang paling baik (yaitu) Al-Qur"an apa serupa (mutu ayat-ayatnya) another berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang undg kepada Tuhannya, kemudian menjadi buat perdamaian kulit dan trần mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, menjangkau kitab itu dialah menunjuki siapa apa dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa apa disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpin pun”. (Q. S. Az Zumar : 23)


*
IDN Times/Anjani Eka Lestari

Dalam Qur"an surat Az-Zumar ayat 23, also dijelaskan bahwa untuk membersihkan mengingat dan hati, umat muslim bisa ~ melakukannya menjangkau cara sembuh Allah SWT. Deviasi satunya adalah mencapai salat secara khusyuk.

Lihat lainnya: Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Gratis Android Dengan Fitur Lengkap Dan Gratis


*
IDN Times/Rizka Yulita

“Barang siapa menjamin untukku satu perkara, aku jamin untuk dia empat perkara. Hendaklah dialah bersilaturahmi (menjalinkan tautan baik) niscaya keluarganya ini adalah mencintainya, diperluas baginya rezeki, ditambah umurnya dan Allah SWT memasukkan setelah dalam surga.”(HR. Ar-Rabii)

Sebagaimana disebutkan di atas hadis di atas, maka bersilaturahmilah kamu untuk meringankan suatu perkara. Bahkan, Allah SWT selalu memperluas rezeki, menambah umur, dan pintu masuk orang yang suka bersilaturahmi ke dalam surga.


*
pixabay/mucahityildiz

Dari Umar radhiyallahu ‘anhuia berkata,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudu dan menyempurnakan wudunya, then mengucapkan, “Asyhadu one laa laaha illallaahu wa anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu.” menjadi dibukakan untuk dia pintu-pintu surga yang delapan, ia dapat masuk dari pintu mana saja yang ia kehendaki.” (HR Muslim: 234)

Selain itu, terdapat hadis go dari Abu Sa’id radhiyallahu ‘anhu secara marfu’ apa menyatakan,

“Barang siapa apa berwudu, lalu ia selesai dari wudunya, kemudian mengucapkan, “Subhaanakallaahumma wa bihamdika, asyhadu one laa ilaaha illaa anta, wa astaghfiruka wa atuubu ilaika.” Allah ini adalah menutup di pada (bacaan itu) mencapai penutup, then ia diangkat hingga setelah bawah Arsy, dan tidak dibuka hingga aku kiamat.” (HR Nasa’i batin ‘Amal Yaul wa Lailah, hal. 147, Hakim: 1/752)