Menyajikan insula terkini, terbaru dan terupdate mulailah dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.


Anda sedang menonton: Contoh identitas nasional dalam kehidupan sehari-hari

*

*

*
*
*

*
Perbesar
Setiap bangsa berdaulat pribadi identitas nasional apa membedakan negara tersebut dengan negara lainnya. Identitas merujuk pada sifat khas atau jati diri apa melekat di atas seseorang atau sesuatu.
Sedangkan nasional berasal dari kata nation apa artinya bangsa. Negara sendiri dapat diartikan sebagai dicuri yang memiliki kesamaan ciri-ciri fisik, budaya, agama, bahasa, atau cita-cita.
Dari penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa identitas nasional adalah karakter atau pengemudian diri nasional apa melekat di ~ suatu bangsa serta kelompok-kelompok masyarakat yang tinggal di dalamnya.
Indonesia tambahan memiliki identitas nasional. Identitas tersebut bersumber dari nilai-nilai kultural apa ada di setiap daerah, kemudian dihimpun menjadi satu kesatuan apa akhirnya membentuk identitas kolektif.
Identitas nasional tidak hanya diperlukan untuk membedakan negara satu mencapai lainnya, tetapi tambahan untuk mempertahankan tangga bangsa. Berikut ini adalah beberapa fungsi identitas nasional yang perlu diketahui:
Fungsi identitas nasional adalah seperti alat untuk mempersatukan bangsa, khususnya bagi negara apa majemuk. Sebagaimana diketahui, Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, agama, dan kebudayaan. Maka identitas nasional hadir karena memadukan keberagaman masyarakat tersebut dulu satu.
Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, bahwa identitas nasional merupakan ciri khas apa dibanggakan dari suatu negara. Terbentuknya identitas nasional ini adalah menjadikan Indonesia unik dan sederhana dikenali oleh dunia.
Artinya identitas nasional digunakan sebagai pegangan dan pijakan agar suatu negara dapat mewujudkan cita-citanya. Landasan negara Indonesia adalah Pancasila apa nilai-nilainya menemukan dari kebudayaan luhur bangsa. Lima pengeluaran dasar inilah yang kemudian digunakan such pedoman batin kehidupan berbangsa dan bernegara.
Globalisasi adalah proses menyelesaikan internasional yang terjadi untuk pertukaran jam tangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya.
Globalisasi mendatangkan pilihan sekaligus tantangan. Nah cara karena menyaring pengaruh globalisasi adalah mencapai menjadikan identitas nasional kemudian rujukan.
Beberapa faktor apa mempengaruhi dibentuklah identitas nasional terdiri dari primordialisme, agama, tokoh pemimpin bangsa, dan historia bangsa. Berikut ini adalah penjelasannya:


Lihat lainnya: Kasus Pelanggaran Ham Di Indonesia & Contoh Pelanggaran Ham Di Indonesia Terbaru

Primordialisme di atas dasarnya adalah kecintaan di atas suatu golongan apa sama, sehingga maaster menyebabkan pengelompokkan individu-individu mencapai karakteristik serupa. Faktor-faktor primordial ini meliputi ikatan kekerabatan, kesamaan suku bangsa, quận asal, bahasa, dan adat istiadat.