games-online4.games-online4.comm – Cerita no fiksi maupun fiksi baik berupa novel, cerpen, cerbung, maupun tipe tulisan berbeda harus memiliki unsur paragraf, kalimat, dan kata. Paragraf pengaturan dari pemfitnahan kalimat yang memiliki kesatuan makna. Sedangkan kalimat merupakan kumpulan kata atau diksi apa wajib memiliki subjek dan predikat.

Anda sedang menonton: Contoh kalimat ungkapan kaki tangan


Agar cerita tersebut memukau dan enak berpengalaman maupun didengar, maka harus disusun sedemikian rupa menjangkau memperhatikan setiap orang unsur di dalamnya. Start dari pilihan kata apa digunakan, susunan SPOK (subjek, predikat, objek, keterangan), maupun makna apa terkandung batin sebuah paragraf.


Salah satu unsur terkecil dan paling utama di dalam menyusun sebuah cerita adalah kata, karena tanpa kata noël akan terbentuk kalimat dan paragraf. Pilihan kata apa baik dan benar akan produksi sebuah artikel lebih bermakna dan menarik untuk dibaca. Sehingga mendesak penting untuk memahami arti diksi dan penggunaanya.

Pengertian Diksi


*
*
*
*
*
*
*

Kosakata apa selama ini dikenal dalam bahasa Indonesia luaran beragam bentuk dan jenis, begitupun dengan diksi. Untuk memudahkan pengklasifikasian batin penempatannya selagi menulis atau membuat cerita, diksi dibedakan dulu beberapa types dan berdasarkan banyak kategori tertentu.

Jenis Diksi Berdasarkan Maknanya

Jenis pilihan kata ini dibedakan berdasarkan makna apa ingin disampaikan penulis atau pembicara mencapai respon apa ingin dapatkan dari pembaca dan pendengar.

1. Makna Denotatif

Makna denotatif yang dimaksud adalah makna yang sebenarnya atau makna asli. Bisa also diartikan seperti makna origin atau makna dari sumber awal sebuah kata maupun kalimat.

games-online4.comntoh diksi mencapai makna denotatif, di antaranya:

Tangan kanan Ria tiba-tiba terkilir saat sedang permainan bulutangkis. (tangan Ria apa sebelah kanan terkilir)Pak Salman memiliki peternakan sapi perah yang mendesak luas. (sapi perah merupakan sapi yang memang diternakkan karena diperah susunya)Tahun depan Pak maafkan saya akan menyembelih kambing hitam miliknya untuk kurban. (kambing yang dimiliki Pak maafkan saya berwarna hitam)Ayah demands adikku buat menggulung tikar setelah tamunya pergi. (tikar yang digulung adalah makna tikar apa sebenarnya yang biasa dijadikan alas buat duduk)Rina siap beberapa aku tidak masuk sekolah buat tulang punggungnya sakit. (tulang pada bagian punggung Rina sakit)

Pilihan kata apa diberi mendayung miring diatas merupakan makna acibe dari susunan kata tersebut dan ~ no merupakan makna kiasan.

2. Makna Konotatif

Makna konotatif apa terdapat dalam susunan kata maupun kalimat merupakan makna kiasan dan berarti makna yang ndak sebenarnya.

games-online4.comntoh diksi menjangkau makna konotatif, di antaranya:

Sejak 2 five yang lalu, Pak Marko sudah were tangan kanan direkturnya. (tangan kanan yang dimaksud adalah orang kepercayaan)Para buruh di pabrik tekstil menyertainya bekerja siang dan malam seperti sapi perah perusahaan. (sapi perah di sini artinya adalah orang yang dimanfaatkan dan dipekerjakan oleh orang lain demi sebuah keuntungan)Irwan dituduh kemudian kambing hitam atas kasus pencurian tersebut. (kambing hitam di sini artinya orang yang dituduh atau dianggap bersalah)Pelanggan di pasar semakin sepi sehingga perbelanjaan Pak Kardim harus gulung tikar. (gulung tikar artinya rugi atau bangkrut)Sejak ayahnya meninggal, kakak pertamanya dulu tulang punggung bagi keluarga. (tulang punggung artinya tumpuan bagi rakyat lain di keluarganya)

Kalimat mencapai makna konotatif biasanya digunakan karena memperindah penuturan dan pengayaan intensitas makna apa ada.

Jenis Diksi Berdasarkan Leksikalnya

Jenis pilihan kata berdasarkan leksikal dibedakan berdasarkan makna leksikalnya atau makna kamus untuk berasal dari kamus bahasa Indonesia. Makna leksikal merupakan makna jenis-jenis kata apa bersifat konkrit dan denotatif serta belum mengalami perubahan bentuk.

Lihat lainnya: Persamaan Dan Tidak Persamaan Kuadrat, Persamaan Kuadrat

Diksi berdasarkan leksikalnya dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sinonim

Sinonim disebut juga padanan kata ataukah persamaan kata karena memiliki makna yang sama. games-online4.comntoh kata sinonim, di antaranya:

Pandai = PintarBaju = PakaianMatahari = MentariBuruk = JelekRajin = Giat

games-online4.comntoh kalimat apa menggunakan sinonim:

Dini were anak yang paling pandai di kelas untuk rajin belajar

Dini were anak yang most pintar di kelas karena giat belajar

Kedua kalimat tersebut menggunakan kata atau diksi yang berbeda pada pilihan kata “pandai” dan “rajin”. Namun, keduanya tetap memiliki makna dan pemahaman yang sama meskipun diganti dengan kata “pintar” dan “giat”.

2. Antonim

Antonim disebut tambahan sebagai lawan kata atau perbedaan kata untuk memiliki makna yang berlawanan. games-online4.comntoh kata antonim, di antaranya: