*
" data-medium-file="https://i1.wp.com/www.games-online4.com/wp-content/uploads/2018/12/bunga-cahaya-putih.jpg?fit=300%2C171&ssl=1" data-large-file="https://i1.wp.com/www.games-online4.com/wp-content/uploads/2018/12/bunga-cahaya-putih.jpg?fit=700%2C400&ssl=1" data-full- title="Jujur akan buat Anda Selamat di dunia dan Akhirat 1">

JUJUR adalah sebuah ungkapan yang acap kali kita dengar dan were pembicaraan. Akan tetapi bisa memanggang pembicaraan tersebut just mencakup sisi di luar saja dan belum menyentuh pembahasan berkembang biak dari makna jujur akun itu sendiri.

Anda sedang menonton: Dengan kejujurannya seorang hamba akan mencapai derajat

Apalagi perkara kejujuran merupakan perkara yang berkaitan dengan kerumunan masalah keislaman, baik menyertainya akidah, akhlak ataupun muamalah; koknya yang terakhir ini memiliki crowd cabang, such perkara jual-beli, utang-piutang, sumpah, dan sebagainya.

Jujur merupakan sifat yang terpuji. Allah menyanjung orang-orang yang mempunyai sifat jujur dan menjanjikan balasan yang berlimpah karena mereka. Termasuk dalam jujur adalah jujur kepada Allah, jujur mencapai sesama dan jujur kepada diri sendiri.


Jujur bermakna keselarasan antara berita dengan kenyataan apa ada. Jadi, kalau suatu berita sesuai mencapai keadaan yang ada, maka dikatakan tepat atau jujur, tetapi kalau tidak, maka orang orang bilang dusta. Kejujuran itu ada pada ucapan, juga ada pada perbuatan, sebagaimana seorang yang does suatu perbuatan, tentu saja sesuai dengan apa ada diatas batinnya.

BACA JUGA: Kemuliaan dan Kejujuran Abu Bakar


Imam Ibnul Qayyim berkata, iman asasnya adalah kejujuran (kebenaran) dan nifaq asasnya adalah kedustaan. Maka, noël akan pernah pertemuan antara kedustaan dan keimanan melainkan become saling bertentangan satu kesamaan lain. Allah mengabarkan bahwa noël ada apa bermanfaat bagi seorang hamba dan yang mampu menyelamatkannya dari azab, kecuali kejujurannya (kebenarannya).

Allah berfirman,

“Ini adalah suatu hari yang bermanfaat bagi orang-orang yang benar kebenaran mereka.” (QS. Al-Maidah: 119)

“Dan rakyat yang membawa kebenaran (Muhammad) dan membenarkannya, mereka itulah orang-orang apa bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 33)

Nabi mendukung umatnya karena selalu jujur buat kejujuran merupakan mukadimah akhlak mulia apa akan mengarahkan pemiliknya kepada akhlak tersebut, sebagaimana dijelaskan oleh Nabi,

“Sesungguhnya kejujuran membawa kepada kebajikan.”

Sifat jujur merupakan alamat keislaman, timbangan keimanan, dasar agama, dan juga tanda sangat bagi si pemilik sifat tersebut. Baginya kedudukan apa tinggi di dunia dan akhirat. Dengan kejujurannya, seorang hamba ini adalah mencapai melakukan orang-orang yang mulia dan selamat dari segala keburukan.

Kejujuran senantiasa mendatangkan berkah.

Lihat lainnya: Ips Lcd Vs Super Amoled Vs Ips Lcd Bagus Mana, Ips Lcd Vs Super Amoled, Mana Yang Lebih Baik

Dalam hayatnya sehari-hari kita sulit seorang yang jujur batin bermuamalah dengan people lain, rezekinya lancar-lancar saja, setiap orang lain berlomba-lomba datang untuk bermuamalah dengannya, untuk merasa buat perdamaian bersamanya dan ikut mendapatkan kemulian dan nama belakang yang baik. Menjangkau begitu sempurnalah baginya kebahagian dunia dan akhirat.


Loading...

BACA JUGA: Lima Macam Kejujuran

“Ini adalah suatu aku yang bermanfaat bagi orang-orang yang benar fakta mereka. Bagi mereka surga apa di bawahnya mengalir sungai-sungai. Mereka selama-lamanya di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan mereka pun ridha terhadap-Nya. Itulah beruntung yang paling besar.” (QS. Al-Maidah: 119)

“Di antara orang-orang mukmin menyertainya ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah. Tengah mereka ada apa gugur. Dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka sedikit pun noël merubah (janjinya).” (QS. Al-Ahzab: 23)

“Tetapi jikalau mereka tepat (imannya) terhadap Allah, niscaya yang demikian menyertainya lebih baik bagi mereka.” (QS. Muhammad: 21)

Nabi bersabda, “Tinggalkan apa yang meragukanmu kepada yang noel meragukanmu, sebetulnya kejujuran, (mendatangkan) ketenangan dan kebohongan, (mendatangkan) keraguan.” <>