JAKARTA, games-online4.com.id - Doa untuk Orang tua sudah dulu kewajiban tiap anak manusia buat menghormati kedua orang perilaku yakni medang dan bapak apa telah melahirkan setelah dunia. Anak tambahan berkewajiban mendoakan kedua orang tua ketika mereka cantik meninggal dunia.

Anda sedang menonton: Doa untuk ayah yang meninggal

Dalam Alquran suratnya Al Isra, Allah SWT berfirman:


وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًاوَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيٰنِيْ صَغِيْرًاۗ

Artinya: "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain dialah dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur next dalam pemeliharaanmu maka sekali-kali bukan kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan tidak kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan apa mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka devoted dengan full kesayangan dan ucapkanlah:


BACA JUGA: Tradisi Rebo Wekasan, Ini Tata Cara Shalat Hajat Lidaf"il Bala Beserta Doanya

"Wahai Rabbku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka dikutuk telah dilatih aku times kecil." (QS. Surat Al Isra: 23-24)


Ibnu Katsir menerangkan ayat tersebut berisi saran bagi tiap anak untuk berbuat baik dan tidak berkata bruto atau ah kepada people tua. Anak also diperintahkan berendah diri kepada keduanya di saat keduanya telah berusia lanjut serta mendoakan kebaikan untuk mereka.


BACA JUGA: Bacaan Doa Tolak Bala Rebo Wekasan agar Terhindar Musibah

Berikut doa buat orang perilaku yang masih hidup:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah segenap dosa-dosaku dan dosa-dosa detik orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua such mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.”

رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَصْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْۗ

Rabbii Auzi"nii one asykura ni;matakallatii an"amta "alayya wa"alaa waalidayya wa an a"mal shoolihan tardhoohu wa ashlih lii fii dzurriyyatii.

Lihat lainnya: Peranan Indeks Pembangunan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Artinya: miliki Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau apa telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal apa saleh yang Engkau ridhai; berilah jenis kepadaku mencapai (memberi kebaikan) kepada anak cucuku.


Lihat juga: Gencarkan Vaksin AstraZeneca, Seleman kemudian Salah Satu Kotanya
tajuk rencana : Kastolani Marzuki


page Selanjutnya
halaman : 1 2
tags : orang perilaku doa Doa untuk Orang tua sholat
Bagikan Artikel:
Share
Share
*

BERITA TERKAIT


KOMENTAR


nearby Ads x