Ragam gerak apa terdapat di ~ tari tunggal bermacam-macam, tergantung dari nama tariannya. Gerakannya terdiri atas gerak di tempat, gerak berpindah tempat, gerak lantai, dan gerak meloncat.

Anda sedang menonton: Gerak dasar leher dan kepala dalam tarian nusantara adalah

a. Dasar gerak kaki Gerakan mendasar gerak kaki terdiri atas gerakan telapak feet dan gerak kaki. 1) Gerak inferioritas kaki sikap dan gerak telapak kaki mempunyai peran penting batin menentukan setara dan kemantapan seluruh tubuh di atas saat bersikap dan bergerak. Dasar-dasar gerak inferioritas kaki dapat dilihat pada gambar berikut ini.
*

2) Gerak kaki
mendasar gerak kaki terdiri overhead gerak kaki di angkasa dan gerak feet dengan penyangga badan tidak seluruhnya pada kaki. Dasar-dasar gerak feet dapat dilihat pada contoh lukisan berikut ini.
*

*

b. Mendasar gerak tangan
dasar gerak tangan dibagi overhead gerak tangan dan gerak lengan. Banyak gerak tangan sebagai mengepal, membuka, dan melambaikan dapat dilihat pada lukis di bawah ini. Buat gerak putaran tangan pada pergelangan batin tari Jawa panggilan ukel. Gerak delapan dapat melakukan sikap apa cukup banyak. Halaman tersebut dikarenakan lengan memiliki tiga persendian, yaitu pergelangan, siku, dan persendian apa menghubungkannya dengan bahu. Perhatikanlah contoh cat, dll di bawah ini.
*

c. Mendasar gerak leher dan kepala
dasar gerak kepala dan gerak leher banyak tangan kedua dalam tarian nusantara, seperti gerak utama menoleh, gerak terutama mematuk, gerak major menongol, gerak terutama mengibas, gerak major berputar, gerak terutama berzikir, gerak major mengangguk, gerak terutama mendongak, gerak terutama menggeleng, dan gerak terutama memalingkan muka. Gerak-gerak kepala dapat dilihat di ~ contoh gambar di bawah ini. (Seni tari Atang dan Rama)
*

d. Radikal gerak mata
pengaktifan mata dalam tari nusantara banyak used pada tarian Bali. Dasar gerak dan sikap mata, antara lain gerak mata lurus setelah samping (mengerling), gerak mata lurus setelah bawah, gerak mata menyudut ke kanan atas dan bawah, serta gerak mata menyudut setelah kiri atas dan bawah. Adapun sikapmata atau gerak kelopak mata dapat berupa memejamkan mata, kelopak mata sedikit terbuka, dan kelopak mata terbuka lebar. Perhatikanlah gerak dan sikap mata penari Bali pada lukis di bawah ini.

Lihat lainnya: « Tak Ada Cinta Yang Lain Chord S, Chord Gitar Dewa 19


e. Radikal gerak bahu
dasar gerak bahu yang dapat dikemukakan, antara lain gerak bahu naik turun, gerak bahu naik down bergantian kiri kanan, bahu bergerak ke maju ke belakang bergantian, bahu keduanya bergerak ke muka dan usai belakang, bahu bergerak memutar bersama-sama menjangkau arah apa sama, dan bahubergerak berputar berbeda arah. Buat lebih jelasnya, cermatilah lukis di bawah ini.

0 an answer to "Dasar Gerak Tari Tunggal Nusantara (Dasar Gerak Kaki, Tangan, Leher Kepala, Mata, Bahu)"