Menyajikan insula terkini, terbaru dan terupdate mulailah dari politik, bisnis, selebriti, way of life dan masih kerumunan lagi.


Anda sedang menonton: Jamak sholat magrib dan isya

*

*

*
*
*

*
Perbesar
Sholat adalah ibadah apa akan dihisab duluan kali di akhirat kelak. Ibadah ini wajib hukum dikerjakan oleh setiap Muslim.
Dalam sehari, umat Muslim pengaturan sholat fardu sebanyak lima waktu. Buat hukumnya wajib, setiap umat Muslim harus tetap mendirikannya batin kondisi apapun.
Terdapat kawanan keringanan (rukshah) sholat apa diberikan Allah SWT, deviasi satunya adalah saat seseorang sedang di dalam perjalanan jauh/musafir. Keringanan tersebut berupa jamak untuk sholat fardu.
Jamak adalah ringkasan dua times sholat di dalam satu waktu. Misalnya, sholat Dzuhur dikerjakan rantai dengan sholat Ashar dan sholat Maghrib dikerjakan bersamaan dengan sholat Isya.
Tidak setiap perjalanan yang ditempuh mungkin diberlakukan sholat jamak. Ada beberapa syarat-syarat agar diperbolehkan does sholat jamak. Adapun syarat-syaratnya kemudian berikut:
Jarak yang ditempuh minimal mencapai farsakh atau menurut mayoritas pendapat ulama 80 KM, 80 KM, 64 KM, 94,5 KM.
Sholat jamak dibedakan menjadi dua macam, yaitu jamak taqdim dan jamak takhir. Jamak taqdim adalah diperkerjakan dua sholat fardu sekaligus di waktu sholat pertama. Contohnya, sholat Dzuhur dan Ashar dikerjakan saat waktu Dzuhur.
Sedangkan jamak takhir adalah bekerja dua sholat fardu sekaligus di waktu sholat terakhir. Contohnya, sholat Dzuhur dan Ashar dikerjakan saat times Ashar atau sholat Maghrib dan Isya dikerjakan saat waktu Isya.
Baik jamak taqdim dan jamak takhir luaran tata cara sholat yang sama. Yang membedakan hanya waktunya saja. Agar lebih memahaminya, simak penjelasan berikut.
Artinya: Aku sengaja sholat fardu Dzuhur 4 rakaat apa dijamak dengan Ashar, fardu untuk Allah Taaala.


Lihat lainnya: Berita Nella Kharisma Dengan Dory Harsa, Berita Dory Harsa Terbaru Hari Ini

Setelah selesai sholat Dzuhur, tanpa dzikir atau ngobrol, langsung dilanjut sholat Ashar mencapai bacaan niat: