Indonesia apa terletak middle dua samudera besar mempunya tabrakan mendapat angin laut yang membawa banyak hujan. Hal ini pula yang menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis. Selain itu, letak geografis Indonesia also menyebabkan Indonesia memiliki dua musim. Halaman ini dipengaruhi melalui angin musim yang berhembus tiap enam moon sekali.

Anda sedang menonton: Jelaskan letak geografis negara indonesia

Selain memiliki iklim tropis, tentu saja RG squad tahu, ‘kan, bahwa Indonesia memiliki keragaman budaya dalam bidang seni, bahasa, peradaban, dan agama. Halaman ini disebabkan oleh letak Indonesia apa berada di cross position. Karsa dari cross position ini adalah Indonesia berada middle persilangan dari dua benua dan dua samudra, yaitu Benua Asia nanti Benua Australia dan Samudra Hindia setelah Samudra Pasifik. Selain itu, Indonesia memiliki mitra dagang menjangkau negara-negara sekitar untuk lokasi apa strategis dan kegiatan berdagang pun meningkat.

2. Pengaruh Letak Astronomis Indonesia

*

Posisi astronomis Indonesia (sumber: sar-syifa.com)

Sebenarnya, maafkan saya sih letak astronomis itu?Letak astronomis adalah letak suatu tempat berdasarkan garis garis lintang dan mendayung bujur. Apakah RG Squad cantik mengetahui maafkan saya itu garis lintang dan panas bujur?

Garis Lintang adalah mendayung khayal pada atlas atau globe apa sejajar dengan panas khatulistiwa. Berdasarkan garis lintang 6o louis (Lintang Utara) - 11o LS (Lintang Selatan), Indonesia berada di wilayah dengan iklim tropis yang memiliki ciri-ciri such berikut:

curah hujan tinggiterdapat kayu hujan tropis apa luassinar matahari sepanjang tahunkelembaban udara apa tinggi

Sementara itu, garis bujur adalah panas khayal pada atlas atau world yangmenghubungkan kutub utara dan kutub selatan bumi. Mendayung bujur berdampak pada waktu setempat suatu negara. Garis bujur 0o berada di Greenwich. Indonesia berada di mendayung bujur 95o BT (Bujur Timur) - 141o BT (Bujur Timur). Letak ini berakibat Indonesia memiliki tiga menyiksa waktu, yaitu:

a. Waktu Indonesia bagian west (WIB)

Daerah yang berada di Indonesia bagian west memiliki perbedaan waktu +7 terhadap GMT (Greenwich average Time). Wilayah-wilayahnya antara lain Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, KalimantanTengah, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

b. Times Indonesia bagian pusat (WITA)

Wilayah Indonesia tengah luaran selisih waktu +8 terhadap GMT (Greenwich mean Time). Wilayah-wilayahnya antara lain Bali,Nusa Tengara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, PulauSulawesi, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.

c. Waktu Indonesia potongan Timur (WIT)

Indonesia bagian timur memiliki selisih waktu +9 terhadap GMT (Greenwich median Time). Wilayah-wilayahnya antara lainKepulauan Maluku, Papua, Papua Barat, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.

*

Jadi, cantik paham materi mengenai letak geografis dan astronomis indonesia, kan? Kalau kamu mau mendalami lebih lanjut, kamu sanggup belajar menjangkau video belajar interaktif, dengan tutor yang sangat berpengalaman. Caranya, membukukan instal aplikasi games-online4.com, terus langganan ruangbelajar deh!

*

Referensi:

Suciati, Iwan Setiawan, Ahmad Mushlih, dan Dedi. 2014.

Lihat lainnya: 9 Potret Terbaru Rumah Mama Amy Hari Ini, Berita Rumah Mama Amy Terbaru Hari Ini

Buku Guru Ilmu pengetahuan Sosial Edisi revisi 2014 karena SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian mendidik dan Kebudayaan.