Rumah Adat Kalimantan Timur – Kalimantan Timur merupakan provinsi paling luas senin di tanah air nanti Papua. Inhabitants provinsi seluas 194.489 km2 ini mayoritas berasal dari suku Dayak.

Anda sedang menonton: Rumah adat kalimantan timur adalah

Selain itu, ada pula kesukuan Kutai apa merupakan potongan dari suku Melayu menempati pesisir Kalimantan Timur. Kemudian ada pula kesukuan Melayu lain serta beberapa suku pendatang apa tinggal di Kalimantan Timur, meliputi kesukuan Bugis, Bajau, Jawa, Mandar, dan Tionghoa.


Suku Dayak mempunyai pengaruh geram terhadap kebudayaan Kalimantan Timur. Kesukuan Kutai yang pernah berjaya di atas masa kerajaan Kutai Martadipura pun kawanan berpengaruh pada biakan dan tradisi Kalimantan Timur. Dari beragam warisan peninggalan nenek moyang suku-suku tersebut, deviasi satunya adalah rumah adat Kalimantan Timur.


Rumah Adat Kalimantan Timur

Suku Dayak adalah suku nguyên Kalimantan dan merupakan inhabitants mayoritas di pulau Borneo ini. Kesukuan Daya berperan besar di dalam perkembangan biakan Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur.

Corak khas kesukuan Dayak dapat ditemukan di ~ pakaian adat mereka, serta tambahan terdapat dalam adatnya. Unsur inilah apa membuat rumah adat Kalimantan Tumur tampak begitu indah.

Setidaknya ada 5 types rumah adat Kalimantan Timur, yaitu Rumah Lamin, Rumah Adat Paser, Rumah Adat Bulungan, Rumah Betang, dan Rumah Adat kesukuan Wehea. Lalu, maafkan saya yang membedakan kelima types rumah tradisionalnya Kalimantan Timur ini?

1. Rumah Lamin

Rumah adat duluan dari Kalimantan Timur adalah rumah Lamin. Rumah tradisionalnya ini adalah rumah official Kalimantan Timur. Rumah Lamin merupakan secara spasial tinggal kesukuan Dayak.

Lihat lainnya: Jam Tayang Motogp Hari Ini, Jam Tayang Kualifikasi Motogp Catalunya

*
*
*
*
*
*
mongabay.co.id

Rumah Eweang masih sanggup ditemukan hingga saat ini. Sekarang bagian atapnya lebih modern, yaitu manfaat seng. Sementara itu, seluruh bagian rumah berbeda terbuat dari kayu.


Sebarkan ini:


Posting di atas INDONESIA, RUMAH ADATDitag dayak, kalimantan timur, rumah, rumah adat, rumah adat kalimantan timur, rumah tradisional, rumah tradisionalnya kalimantan timur, suku dayak

Cari Disini:

Cari untuk: