Selain luaran alam yang indah, Indonesia tambahan dikenal punya beragam kuliner yang sangat kaya. Terbentang luasbutuh dari ujung barat dan Timur, untuk membuat setiap daerah d Indonesia memiliki memberi makan khas yang berbeda-beda. Ada papeda dari Papua, Mie Aceh, hingga Kerak telor dari Jakarta.

Anda sedang menonton: Sate makanan khas dari daerah

Walau begitu, terdapat pemfitnahan kuliner yang memiliki namu sama namun tampilannya berbeda. Contohnya saja sate, soto, dan sambal. Setiap town pasti punya ciri ditampilkan masing-masing sesuai dengan resep di quận tersebut.


Source: Suara.com

Nah, penyimpangan satu kuliner legendaris di Indonesia adalah sate. Kamu sanggup dengan mudah menemukan sate di setiap daerah. Namun, kamu sadar nggak kalau using sate di setiap menyiksa di Indonesia menyertainya berbeda-beda? Tergantung dari mana pedagang sate tersebut berasal, bisa ~ dari Madura, Bali, atau Manado.

Rekomendasi Sate Khas Nusantara yang Harus Kamu Coba

Sate di Indonesia, tuh, mendesak beragam jenisnya. Bisa ~ sate dengan bumbu kacang apa kental ataukah dengan kuah kuning apa encer. Walaupun tampilannya berbeda, rasa dijamin enak, kok! Berikut ini pemfitnahan sate khas beragam quận di Nusantara apa enak dan wajib kamu cicipi.

1. Sate khas Madura


*
Source: Cookpad.com

Salah satu tipe sate khas Indonesia yang most terkenal dan mudah ditemukan tentu saja sate khas madura. Biasanya, nih, yang membuat sate khas madura perbedaan adalah bumbu kacang yang superenak. Dicampur kacang yang ditumbuk halus bersama bawang merah, bawang putih, dan dipadukan mencapai kecap manis.

Variasi daging apa biasanya ditampilkan di sate madura antara lain daging ayam, sapi, ataukah kambing. Mau daging what pun juga, rasa tetap enak, kok! Makan sate madura most pas disantap menjangkau nasi lembab atau lontong, nih. Jangan lupa beri acar apa membuat rasa sate madura increasingly mantap!

Sate khas madura ini dijajakan start dari kaki lima sampai menjelaskan bintang lima, lho. Penggemarnya pun bukan hanya orang bergaul saja, turis mancanegara juga banyak yang memukul cinta kepada cita rasa sate madura yang gurih dan manis.

2. Sate khas Padang


*
Source: Duta Medan

Kalau bumbu sate yang satu ini agak berbeda dari bumbu sate madura. Sate khas padang memiliki bumbu tebal berwarna keemasan atau merah. Rasa dan melukis sate padang, tuh, tergantung asal sate padang tersebut, Padang Pariaman atau Padang Panjang. Kalau sate dari Padang liong memiliki cita rasa apa lebih pedas, cocok untuk kamu penggemar papan dengan cabai apa banyak.

Menyantap sate padang paling pas ditemani lontong dan keripik singkong balado. Kalau saya baik-baik saja kurang lengkap, kamu juga bisa popponitis kerupuk kulit yang disiram kuah sate. Mau sate daging sapi atau sate lidah sapi, keduanya enak, kok. Lamak bana!

3. Sate lilit, Bali


*
Source: Cookpad

Selain punya alam yang indah, Bali also punya sate khas yang enak. Kalau biasanya daging sate ditusuk batang bambu, nih, sate khas Bali justru dililitkan usai tusukan bambu pipih atau sereh. Itulah mengapa pakan ini dinamakan sate lilit.

Sate lilit ini bisa manfaat berbagai tipe daging, awal dari sapi, ayam, kambing, ikan, hingga babi. Bumbu khas sate lilit bali menggunakan campuran cocos parut, jeruk nipis, bawang merah, merica, dan santan. Jadi, melukis pun nggak become cokelat seperti kebanyakan sate lainnya.

Sate lilit bali paling pas dimakan bersama dengan sambal matah yang segar. Biar increasingly kenyang, kamu sanggup menyantap sate lilit bali bersama nasi panasnya dan ayam betutu, lho!

BACA JUGA: dengan tegas Eksis, 10 Kuliner Legendaris di champa Selatan Ini terdaftar Kamu Coba!

4. Sate buntel, Solo

*
Source: Merdeka.com Sekilas, sate buntel khas Jawa markas besar ini mirip dengan sate lilit khas Bali. Walau sama-sama dililit, sate buntel keuntungan daging sapi atau kambing karena bahan utamanya. Selain itu, sate menjadi dibungkus mencapai lemak kambing sebelum dibakar mencapai merica dan kecap. Wah, kebayang enaknya, kan?

Untuk melengkapi rasa sate buntel, kamu bisa memilih saus cabai kecap dengan potongan cabai, bawang, dan tomat segar. Sate khas Solo ini punya crowd penggemar, lho. Nggak heran kerumunan orang apa mencari sate ini hingga nanti asalnya. Tertarik untuk mencoba?

5. Sate klopo, Surabaya


*
Source: BeritaHati.com

Nggak hanya punya lontong balap, Surabaya juga ada sate lezat yang wajib kamu coba. Sate klopo (kelapa) dulu salah satu sate khas Indonesia apa punya lihat dan cita rasanya unik. Sesuai namanya, sate ini manfaat kelapa such salah satu nyata masakan.

Selain kelapa, bumbu koine dan kecap juga dimakan bersama sate ini. Biar increasingly segar, bagian cabai, serundeng, dan bawang merah juga disajikan together sate klopo. Jangan lupa minta nasi weiss atau lontong such teman makan sate klopo, ya!

6. Sate rembiga, Lombok


Source: detik Food

Lombok memiliki beberapa sate apa populer, sebagai sate rembiga, tanjung, pusut, dan bulayak. Nah, yang paling terkenal, tuh, sate rembiga. Sate yang menggunakan daging sapi empuk ini most pas makan bersama lontong. Bumbu sate rembiga menggunakan campuran cabai, kemiri, terasi lombok, dan gula.

Biar makin lengkap, kamu bisa ~ menambahkan pecel sayuran dengan bumbu kacang. Rasa sate yang pedas, manis, sedikit gurih untuk membuat kamu mau makan lainnya dan lagi!

7. Sate khas Ponorogo


*
Source: Resepkoki

Sate khas Ponorogo ini tambahan wajib kamu coba saat sedang berlibur usai Jawa Timur. Biasanya, kan, sate dijual dengan dalam jumlah besar daging apa telah dipotong kecil-kecil dan ditusuk ke bambu. Nah, sate ini pribadi ciri khas keuntungan daging panjang such sate lilit. Daging yang used pun daging sapi, ayam, atau kambing. Bisa ~ dipilih benar selera.

Lihat lainnya: Jual Obat Penggugur Kandungan 4 Bulan Paling Ampuh, Obat Penggugur Kandungan Dengan Bodrex Dan Sprite

Bumbu buat memanggang sate ini terdiri atas kecap, bawang mereah, dan cabai. Kemudian pelengkap, kamu mungkin mencocol sate ponorogo ke bumbu kacang apa bercita rasanya manis dan gurih. Dirasakan kurang pedas? Tambahkan saja sambal cabai segar apa selalu ada di setiap sajian sate ini.

8. Sate ragey, Manado


*
Source: Travelingyuk.com

Dikenal memiliki kawanan olahan masakan apa pedas, Manado juga punya sate ragey apa supernikmat. Sate ragey sering menjadi makanan saat acara-acara terlalu tinggi di Sulawesi Utara, sebagai pernikahan. Nah, daging babi digunakan such bahan utama sate ini. Ragey sendiri di dalam bahasa manaado memili konotasi besar. Jadi, jangan heran kalau potongan daging di sate ragey berukuran besar, ya.

Biar makin afdal, sate ragey disantap bersama sambal, nasi limbah hangat, dan beberapa nabati pelengkap. Kamu siap pernah melakukan upaya sate ragey belum?

9. Sate klathak, Yogyakarta


Source: antarejatour.com

Salah satu kuliner khas Yogyakarta apa terkenal tentu saja adalah sate klathak. Nama sate ini diambil dari suara saat tangani itu membakar daging di atas arang apa berbunyi klathak-klathak. Biasanya, dagingnya yang digunakan adalah daging sapi, kambing, atau ayam. Sate ini subur dengan cita rasa yang gurih, manis, serta tekstur daging apa kenyal.

Satu hal yang membuat sate ini variasi dari sate di Indonesia dll adalah penggunaan kuah encer berlemak such bumbu siraman. Agak terlihat sebagai soto, namun perpaduan kuah dan sate klathak benar-benar sempurna! Jangan terlupakan makan together nasi hangat agar makin nikmat.

10. Sate kerang, Sidoarjo


*
Source: masakandapurku.com

Bahan major sate menemani itu nggak melulu daging sapi, kambing, atau ayam saja. Nah, di Sidoarjo tersubur sate kerang yang memiliki cita rasa unik dan tentu saja enak. Daerah Sidoarjo terkenal sebagai salah satu penghasil kerang, enim nggak heran kalau sate kerang bisa menjangkau mudahnya kamu temukan di sini. Sate kerang menjadi deviasi satu pakan wajib yang harus kamu coba jika berkunjung usai sana, lho!

Sama kemudian sate diatas umumnya, sate kerang disajikan dengan kecap dan sambal. Biasanya, nih, sate kerang ini adalah terasa lebih sempurna jika dimakan bersama dengan kupang lontong. Selain sate kerang, kupang lontong tambahan harus masuk nanti dalam partij kuliner di Sidoarjo, ya.

Nah, itulah dia trivia kilade tentang sate khas Indonesia apa bisa kamu cicipi. Setiap quận di Indonesia, tuh, punya sate khasnya masing-masing. Mulai dari Sabang sampai Merauke pasti punya pakan khas apa enak dan unik.

Kalau kamu, most suka sate apa, nih? ataukah ada sate unik apa harus dicoba? Tulis pendapat kamu di kolom komentar dibawah ya!