Setelah terdepan kita membahas circa beberapa tari Bali, seperti tari kecak, barong, legong, dan pendet. Pada kesempatan kali ini, games-online4.com menjadi menyuguhkan tarian khas Bali go yang tidak kalah unik dan populer membandingkan tarian secara tradisional lainnya.

Anda sedang menonton: Tarian yang berasal dari bali adalah tari

Bali merupakan salah satu destinasi tempuh yang were wajah Indonesia bagi para wisatawan mancanegara. Pulau Dewata ini tabungan beragam kearifan lokal dengan keanekaragaman biakan disetiap sudutnya.


Salah satu heritage kebudayaan yang menjadi karakter Bali adalah tarian tradisional. Chapter ini sanggup dilihat saat kita berkunjung ke Bali. Hampir dipastikan, kita become disuguhi menjangkau aneka tipe tarian khas Bali. Tarian ini dibawakan melalui seluruh elemen masyarakat, baik tua, muda, laki-laki serta perempuan.

Keelokan tari nguyên Bali nampak dari gerakan, iringan musik, makna dan filosofi apa dikisahkan, kesakralan, biaya budaya, serta penggunaan kostum dan properti saat menari. Tari Bali merupakan pintu bagi wisatawan dium maupun mancanegara untuk lebih mengenal heritage luhur pulau Dewata.

Oleh sebab itu, diperlukan perlakuan dan kesadaran karena menjaga eksistensi budaya Indonesia agar tetap lestari di masa mendatang. Misalnya dengan menggelar pementasaan saat upacara biakan dan keagamaan, such sarana hiburan, ajang komunikasi masyarakat, serta mempelajari aneka tarian secara tradisional khas daerah masing-masing.


Daftar Isi


Tari BaliBerbagai Macam Tari tradisionalnya Bali

Seni Tari

Seni tari merupakan potongan dari kesenian mencapai dengan media ungkap gerakan. Kementerian pendidikan dan budaya Indonesia berkomunikasi pengertian artis tari adalah penyimpangan satu bentuk kesenian apa memilki media ungkap ataukah substansi gerak malalui gerakan manusia.

Adapula pengertian lain tentang seni tari, misalnya berdasarkan KBBI atau Kamus geram Bahasa Indonesia keluar bahwa artian tari tari adalah aliran artian berkaitan dengan manuvernya badan (tangan dan lainnya) apa berirama dan umumnya diringi suara (musik, gamelan, dan lainnya).

Substansi dasar di dalam tarian adalah gerak. Namun gerak apa dimaksud ndak gerakan realistis atatau keseharian, melainkan manuver ekspresif. Gerak ekspresif merupakan gerakan indah dan mampu mempengaruhi perasaan malalui ritme tertentu.


Gerakan indah tersebut noel terbatas di atas gerakan kran air ledeng atau halus, sebab bisa juga gerakan kuat, kasar, tangguh dan penuh tekanan dapat menghasilkan gerakan apa indah.

Tari Tradisional

Setidaknya ada lebih dari 117 tarian quenn yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Mayoritas diantaranya juga diakui UNESCO kemudian warisan biakan dunia, kemudian tari Bali, yaitu tari barong ket, tari baris, tari legong keraton, tari keuangan dan sebagainya.

Tari secara tradisional adalah suatu tarian yang berasal dari masyarakat menyiksa tertentu apa secara turun-temurun di wariskan serta dulu budaya asli masyarakat setempat.

Suatu tarian dapat dikategorikan such tari tradisionalnya jika pribadi ciri kemudian berkembang secara turun-temurun, diiringi musik tradisional, serta berkembang di masyarakat umum.

Tari tradisionalnya di Indonesia dibagi were 3 types tarian, yaitu tari klasik apa merupakan tari tradisional yang lahir di lingkungan keraton, kehidupan dan berkembang darimana zaman feodal, serta diwariskan secara turun temurun di kalangan bangsawan. Contohnya adalah tari serimpi, tari bedhaya, tari bondan, dan sebagainya.

Kemudian tari kerakyatan atau folklasik yang merupakan tarian tradisional apa lagi dari kebudayaan social lokal, kehidupan dan berkembang di masa primtif dan diturunkan secara waris hingga saat ini. Contohnya adalah tari polostomo, erang dan bardin.


Sedangkan tari penciptaan baru adalah tarian klasik apa digubah dan dikembangkan pantas zaman mencapai mempertahankan biaya yang dimilikinya. Contohnya adalah tari merak dan tari kupu-kupu.

Tari Bali

Tari nguyên Bali mempunyai ciri dan karakteristik tersendiri dibanding tarian quận lainnya. Konvensional tarian-tarian dari pulau Dewata pribadi ikatan mencapai keagamaan serta unsur-unsur sakral.

Tarian asal Bali dapat dikelompokkan dalalam 3 kategori, yaitu tari tutor / sakral, tari bebali / semi sakral, dan tari balihan / hiburan. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing kategori tari Bali tersebut, yaitu:

1. Tari wali / Bali / Sakral

Tari sakral Bali adalah sebutan lain buat tari tutor atai tari sanghyang. Tarian yang masuk kelompok ini hanya boleh dipentaskan selama upacara keagamaan. Tradisional tarian-tarian tutor merupakan pelengkap upacara keagamaan.

Selain itu, ada pula anggapan jika tari sakral tutor adalah hiburan yang ditujukan untuk para leluhur atau dewa-dewi khayangan yang dibawah ke bumi (mercapada). Umumnya kategori tarian Bali ini digelar di area pura menjangkau perlengkapan dan pakaian adat. Kelewat beberapa diantaranya hanya boleh ditarikan melalui gadis yang masih suci.

Tari tradisionalnya Bali yang masuk kategori tari sakral adalah tari sanghyang dedari, shanghyang jaran, tari rejang, tari baris, dan tari pendet.


2. Tari Bebali / Semi Sakral

Tarian ini adalah tipe tari semi sakral apa dapat difungsikan untuk acara adat keagamaan serta tari hiburan. Jika bertebaran di area pura, tradisional dilakukan di halaman tengah atau madya madala. Kisah yang diangkat dalam tarian ini adalah kalon relevan upacara tersebut.


baca juga: pulau Kanawa - wisata Petualangan berdekatan Labuan Bajo

Berikut ini adalah beberapa jenis tarian semi sakral Bali atau tari bebali, yaitu tari topeng (sanghyang, sidakarya, panca, pajegan) dan tari gambuh.

3. Tari Balihan / Hiburan

Kelompok tari ini berfungsi sebagai tarian hiburan masyarakt. Umumnya tari jenis ini dipentaskan di fase atau gedung serta room terluar pura. Tari balihan selalu mengalami dinamis dan perkembangan oleh senimat tari Bali.

Beberapa tarian apa masuk batin kategori ini antara lain tari janger, kecak, cendrawasih, puspa anjalai, manukrawa dan tarian tradisional modernis lain.

Berbagai Macam Tari tradisionalnya Bali

Berikut ini adalah mengajukan lengkap berbagai macam tarian tradisional yang berasal dari Bali, antara lain:

1. Tari Kecak

Tari kecak adalah tarian Bali apa sangat terkenal. Tarian ini dimainkan melalui puluhan bahkan ratusan penari laki-laki yang form formasi lingkaran. Ciri kepala dari tari kecak adalah teriakan kata “cak cak cak” secara serentak oleh para penari dengan gerakan dua rumbai keatas.


*
*
*
*
*
*
*
smkn5denpasar.sch.id

Menurut cerita, tarian ini terinsipirasi dari gerakan memetik kopi. Tarian janger masuk batin kategori tari balihan seperti tarian upacara dan hiburan.

12. Tari Puspanjali

Tari puspanjali adalah tarian Bali apa berfungsi such tari penyambutan. Tarian ini dimainkan melalui 5 sampai 7 orang penari banci dengan mengenakan pakaian adat Bali. Pakaian apa dikenakan terinspirasi dari upacara rejang di dalam penyambutan tamu undangan.

Ciri dari tari puspanjali adalah penari yang membawa bokoran serta melakukan gerakan lemah lembut dan gemulai menjangkau iringat musik apa dinamasi. Tarian ini diciptakan malalui N.L.N Swasthu penyihir (peanta tari) dan i Nyoman Windha (penata tabuh) apda five 1989.

13. Tari Topeng Bali

Tari topeng Bali adalah salah satu tarian sakral dari Bali. Bagi masyarakt Bali, topeng mempunyai arti dan makna penting. Hal tersebut terkati mencapai upacara keagamaan Hindu.

Tari topeng Bali merupakan tarian yaang tebal dengan unsur magis dan dulu seni apa sakral. Filosofi topeng yang dikenakan penari adalah representasi dewa-dewa apa menganugerahkan ketentraman dan keselamatan bagi social Bali.

14. Tari garis Tunggal

Tari baris tunggal adalah artian tari yang berasal dari dari pulau Dewata. Berdasarkan perkiraan, tarian ini muncul di ~ abad ke-16. Dugaan ini berasal dari informasi dalam Kidung Sunda. Di dalam naskah tersebut diceritakan bahwa ada tujuh jenis tari baris apa dibawakan di dalam upacara kremasi di Jawa.

Selain itu, ada pula deskripsi bahwa pada awal kemunculan tari pahatan tunggal merupakan bagian dari ritual keagamaan saat itu.

15. Tari cendrawasih Bali

Tari cendrawasih merupakan gawangnya karya dari seniman tari bernama ns Gede Manik. Menurut bersumber sejarah, tarian ini pertama kali khasnya di subdistrik atau kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng pada tahun 1920-an.

Tarian ini juga diolah melalui koregrafer bernama N.LN Swasthi Waiyaja Bandem pada tahun 1988 dan hingga kini sering dipentaskan. Tari cendrawasih Bali adalah tarian apa menggambarkan keindahan corak sikap burung khas Papua. Sebab bagi social Bali, burung cendrawasih dikenal seperti manuk dewata.

Tari ini dipentaskan melalui 2 setiap orang penari apa berperan sebagai cendrawasih jantan dan betina. Gerakan-gerakan penari merupakan simbol perilaku sepasang burung apa tengah memadu kasih.

16. Tari Kebyar Duduk

Kebyar duduk adalah tari Bali yang diciptakan oleh maestro kesenian tari asal Tabanan bernama i Ketut Mario pada five 1925. Tarian ini also dikenal such tari kebyar terompong selama dimainkan dengan alat musik terompong.

Gerakan tari kebyar duduk didominasi melalui gerakan batin posisi duduk mencapai menyilangkan dua kaki atau bersila. Gerakan-gerakannya dilakukan batin posisi sulit, yaitu setengah jokngkok dan nampak mendesak unik saat penari bergerak melangkah dan berpindah dengan mendesak cepat.

Tarian ini adalah tari tunggal. Unsur apa ingin disampaikan tari kebyar duduk adalah nuansa musik dan ekspreis waja serta manuver penari.

17. Tari Durga Mahisasura Mardini

Tari durga mahisasura mardini adalah karya artian tari Bali apa merupakan tarian kreasi dan terinspirasi dari kisah durga mahisasura mardini sesuai yang tertulis di lontar siwagama.

Tarian ini mendesak erat dengan budaya Bali. Esensi tarian Bali terlihat dalam gerakan, tata rias, pakaian tradisionalnya serta musik yang mengalun mengiringi tarian ini.

18. Tari Cilinaya

Tari secara tradisional Bali ini diciptakan melalui I Wayan Dibia, seorang maestro tari Bali pada five 1986. Mulanya, tari cilinaya diciptakan untuk pentas Sekaa Gong Patra Kencana Singapadu di Gianyar. Cili merupakan busana penari apa melambangkan keceriaan dan kegembiraan such pesan terutama tarian ini.

19. Tari Gopala

Tari tradisi Bali berikutnya adalah tari gopala yang menceritakan tingkah laku sekelompok penggembala sapi apa sedang berada di ladang atau area penggembalaan. Kata gopala berasal dari bahasa kawi apa berarti penggembala sapi.

Lihat lainnya: Kisah Abu Nawas, Doa Abu Nawas Merayu Tuhan, Kisah Abu Nawas, Doa Merayu Tuhan

Tarian ini diciptakan melalui I nYoman Suarsa kemudian penata tari dan i Ketut Gede Asnawa such penata musik. Jumlah penari gopala antara 4 sampai 8 orang penari pria. Hal menarik dari tarian ini adalah ekspresi humoris dari penari melalu gerakan-gerakan apa dilakukannya.