games-online4.com, champa - kematian adalah takdir yang noël dapat dihindari melalui manusia. Bagi umat Islam, ada beberapa hal yang harus dilakukan terhadap orang apa telah meninggal dunia, satu di antaranya, memandikannya.

Anda sedang menonton: Tata cara memandikan dan mengkafani jenazah

Memandikan jenazah dulu tindakan pertama apa harus dilakukan umat Islam, silam mengkafani, menyalatkan, dan menguburkan jenazah.


Hal ini dulu bentuk menyucikan seorang yang telah meninggal, sebelum dikuburkan dan bertemu dengan sang Khalik Allah SWT.

Memandikan jenazah noël dapat dilakukan secara sembarangan, ada berbagai aturan, syarat, dan doa apa harus ditaati serta jalankan.

Jangan sampai patahan terjadi selama proses memandikan jenazah, hanya karena abai batin menaati peraturan yang sudah ada.

Dengan itu, tata cara salat jenazah yang sesuai syariat Islam harus memahami dan diketahui betul oleh seluruh umat Muslim.


2 dari 6 halaman

Syarat Memandikan Jenazah


*

Ilustrasi Islami, muslim, berdoa. (Gambar melalui mohamed Hassan dari Pixabay)
Sebelum mengetahui tata Cara Memandikan Jenazah beserta niatnya, their perlu mengetahui syarat orang yang bisa memandikan jenazah dan syarat jenazah yang dimandikan.

Syarat Orang apa Dapat Memandikan Jenazah

Beragama Islam, baligh, berakal atau sehat mental.Berniat memandikan jenazah.Mengetahui bertindak memandikan jenazahAmanah dan mampu lengan baju aib jenazah.

Syarat Jenazah yang Dimandikan

Beragama IslamAda sebagian tubuhnya, meski sedikit yang bisa dimandikanJenazah tidak sekarat syahidBukan bayi apa meninggal buat keguguranJika bayi lahir siap meninggal, tidak wajib dimandikan
3 dari 6 halaman

Ketentuan Memandikan Jenazah


*

Ilustrasi Islami. Credit: freepik.com
Berikut pemfitnahan ketentuan apa harus diketahui silam tata cara memandikan jenazah beserta niatnya:

- setiap orang yang most utama memandikan dan mengafani jenazah laki-laki adalah orang yang diberi wasiat, then bapaknya, kakeknya, familic kandungnya, keluarga terdekatnya yang laki-laki, dan istrinya.

- setiap orang yang paling utama memandikan dan mengafani jenazah perempuan adalah ibunya, neneknya, keluarga terdekat dari pihak perempuan serta suaminya.

- yang memandikan jenazah anak laki-laki boleh perempuan, sebaliknya karena jenazah anak banci boleh laki-laki yang memandikanya.

Lihat lainnya: Kumpulan Nama Bayi Laki-Laki 3 Kata Modern, 80 Nama Bayi Laki

- Jika seorang wanita meninggal, sedangkan yang masih lives semuanya just laki-laki dan dia noel mempunyai suami. Ataukah sebaliknya, seorang laki-laki meninggal sementara apa masih hidup hanya perempuan saja dan tidak mempunyai istri, jenazah tersebut noël dimandikan, tetapi dingin ditayamumkan malalui seorang dari mereka dengan pakai sarung tangan.

Hukum ini pantas dengan sabda Rasulullah SAW di dalam dalam hadis Abu Daud dan Baihaqi apa berbunyi:

 "Jika seorang meninggal di tempat laki-laki dan noël ada perempuan lain ataukah laki-laki meninggal di secara spasial perempuan-perempuan dan noël ada laki-laki selainnya, maka detik jenazah menemani itu ditayamumkan, lalu dikuburkan untuk kedudukannya kemiripannya seperti noel mendapat air." (H.R Abu Daud dan Baihaqi)